Services

Service

Sertifikasi ISO 22000

Ketika Sedang makan atau minum,  apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang proses dari pertanian atau pabrik hingga di dapur Anda?

Jutaan orang jatuh sakit dan bahkan mati setelah makan makanan yang tidak aman. Jadi untuk menjamin keamanan pangan di sepanjang rantai pasokan global, standar secara global diperlukan. standar makanan ISO menguntungkan produsen atau pabrik, regulator dan pengecer, dan yang paling penting dari semua, Anda dan saya, sebagai konsumen.

Ketika makanan telah ke arah yang aman, kepercayaan keamanan tersebut memiliki standar yang diakui di seluruh dunia. ISO 22000.

ISO 22000 adalah Sistem Manajemen keamanan pangan yang dapat diterapkan untuk setiap organisasi dalam rantai makanan dan pertanian-peternakan. Dengan Sertifikat ISO 22000 memungkinkan organisasi untuk menunjukan pelanggan mereka bahwa organisasi tersebut menetapkan sistem manajemen keamanan pangan. Hal ini dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan terhadap produk makanan dan minuman yang di produksi. Sistem manajemen keamanan pangan menjadi hal yang penting sebagai salah satu permintaan pelanggan yang menginginkan keamanan makanan dan pengelolaannya harus berdasarkan bahan-bahan yang baik dan aman.

International Organization for Standardization (ISO) mengembangkan sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan, ISO 22000. ISO dan Negara-negara anggotanya menggunakan pendekatan Sistem Manajemen Mutu, dan disesuaikan untuk berlaku untuk Keamanan pangan. Dengan menggunakan dan membuktikan prinsip HACCP dan GMP (Good Manufacturing Principles).

Standard ini memiliki persyaratan untuk proses dan prosedur Sistem Manajemen Keamanan Pangan, dan Standar ini mengharuskan organisasi untuk menerapkan program dan HACCP. Tidak seperti beberapa program sertifikasi keamanan pangan sistem lain (seperti KSSK 22000 dan SQF), ISO 22000 tidak memiliki persyaratan khusus untuk program penerapan (Prerequisite Programs – PRP’s), tetapi mensyaratkan bahwa mengidentifikasi organisasi dan mengimplementasikan program-program yang sesuai. Hal ini membuat lebih fleksibel dan organisasi produsen pangan apapun dapat menerapkan dan disertifikasi ISO 22000.

ISO 22000 Standar Internasional membahas manajemen keamanan pangan. ISO 22000 merupakan standar sistem manajemen keamanan pangan global untuk seluruh rantai pasokan makanan, dari mulai petani dan produsen ke pengolah dan pengepak, hingga transportasi dan penjualan.

Hal ini meluas ke pemasok produk-produk dan jasa-jasa non-makanan seperti pabrikan pembersihan dan peralatan, dan bisa juga diterapkan oleh organisasi dalam berbagai besaran (ukuran). ISO 22000 menggarisbawahi persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan termasuk komunikasi interaktif, manajemen sistem, dan program-program pra-syarat. Standar ini berfokus pada pemastian rantai pasok, apakah prinsip-prinsip sistem manajemen telah diterapkan dan sesuai dengan prinsip-prinsip HACCP dari Codex Alimentarius.

Konsekuensi dari makanan yang tidak aman bisa serius dan standar manajemen keamanan pangan ISO ini membantu organisasi mengidentifikasi dan bahaya keamanan kontrol makanan.  Karena banyak produk makanan sehari-hari yang melintasi perbatasan nasional, Standar Internasional diperlukan untuk menjamin keamanan rantai pasokan pangan global.

ISO 22000  berisi sejumlah standar masing-masing berfokus pada aspek-aspek yang berbeda dari manajemen keamanan pangan. ISO 22000:2005 mengatur tentang persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan dan dapat disertifikasi untuk. Ini memetakan apa yang organisasi perlu dilakukan untuk menunjukkan kemampuannya untuk mengendalikan bahaya keamanan pangan dalam rangka untuk memastikan makanan yang aman. Hal ini dapat digunakan oleh setiap organisasi terlepas dari ukuran atau posisi dalam rantai makanan.

ISO 22000 dikenal di seluruh rantai pasokan makanan dan sertifikasi menjadi salah satu cara untuk menjadikan diri kita pilihan pemasok. Sertifikasi ISO 22000 secara umum menunjukkan komitmen Anda terhadap keamanan pangan. Hal ini berdasarkan pada praktek terbaik nan canggih dan dirancang untuk:

  • membangun kepercayaan para pemangku kepentingan
  • mengindentifikasi, mengatur, dan mengatasi risiko keamanan pangan
  • menghilangkan dan mengurangi terjadinya penarikan produk dan proses hukum (pengadilan)
  • melindungi brandAnda

ISO 22000 sejajar dengan standar sistem manajemen ISO lainnya, membuatnya mudah untuk digabungkan dengan manajemen mutu, lingkungan, dan kesehatan dan keselamatan. Sebagai tambahan, ketika digabungkan dengan spesifikasi teknis untuk program persyaratan sektor khusus seperti PAS 220/ISO 22002-1 dan PAS 223, ISO 22000 ini menyediakan kerangka dasar FSSC 22000.

Manfaat ISO 22000 Dengan LRQA Business Assurance

LRQA membantu mengembangkan ISO 22000 dan pemahaman kami mengenai standar ini memungkinkan kami untuk menyampaikan manfaat nyata kepada Anda lewat pendekatan Business Assurance kami yang unik. Hal ini memastikan asesmen kami berfokus pada area dan isu yang penting untuk bisnis Anda. Asesor kami merupakan para ahli di sektor keamanan pangan yang cocok dengan bisnis Anda, memungkinkan terjadinya asesmen yang kuat dan efektif terhadap sistem Anda.